Sabtu, 03 Februari 2018

Piye Seh Kampanye Iku?

Setelah posting "Sebagai Pengirim Gambar Harus Mengkampanyekan", ada beberapa pertanyaan yang saya terima. Pertanyaan tersebut intinya: piye carane kampanye? (Bagaimana caranya melakukan kampanye?).

Hmmm, Ya... bagaimana caranya melakukan kampanye. Terutama, wa bil khusus, kampanye bersepeda. Bagaimana kampanye agar semua orang menggunakan sepeda pancal/onthel/angin sebagai alat transportasi, baik jarak pendek atau jarak jauh.

Oke... begini, sudah banyak dibahas, manfaat dari bersepeda. Baik manfaat bagi kesehatan (fisik maupun psikis); manfaat bagi lingkungan; dan manfaat unyuk menjalin relasi antar sesama manusia. Yang terakhir ini, manfaat cari jodoh bagi yang jombloh bisa juga ter-realisasi loh.... Tentu bagi yang mau dan mampu. Ada yang mau tapi gak mampu, tapi ada juga yang mampu tapi enggak mau... contohnya... ah sudahlah...

Lalu bagaimana mengkampanyekan manfaat-manfaat bersepeda tersebut kepada banyak orang?

Sebagaimana yang telah dibahas dalam posting sebelumnya, kampanye adalah "upaya mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu". Jika menoleh ke manfaat-manfaat di atas, berarti bagaimana mempengaruhi orang lain untuk bersepeda dengan alasan manfaat-manfaat tersebut.

Lalu, darimana memulai kampanye (mempengaruhi, kita artikan singkat gitu aja). Mudah! (Saya mah... orangnya gampangan kok..). Mulia dari orang paling dekat dengan anda. Dari istri, anak, saudara, tetangga, murid, bisa juga dimulai dari pacar (ini khusus bagi yang punya. Yang nggak punya, ya ngajak ibunya saja dulu). Atau bisa juga ngajak calon mertua, barangkali hal tersebut bisa manjadi poin awal hubungan mesra dengan mertua.

Mengajak dan mempengaruhi orang lain dimulai dari satu orang dulu, tapi bisa juga dimulai dengan membuat ajakan ke banyak orang, melalui rapat umum, festival, brosur, iklan dan lain-lain. Tapi yang paling efektif adalah mengajak dari satu orang, berkembang dua orang, tiga, empat, lima dan seterusnya. Kemudian setelah banyak dikumpulkan/dikonsolidasikan bersama untuk menyepakati apa yang mau dilakukan. Wah... repot cak, angel cak... lek ngono. Lek gak pingin repot, gak pingin angel yo turu ae ndah... 😇.

Jika sudah bisa menyepakati dan merancang kegiatan bersama, serta melakukan kegiatan secara bersama-sama juga, maka inilah yang dikatakan sebagai gerakan, yaitu gerakan bersepeda. Tentu kegiatan bersama tersebut adalah untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan agar semua orang bersepeda sehingga: sehat wal afiat, lingkungan bersih (ramah lingkungan), banyak relasi dan pasti akan nambah rejeki.

Apa kegiatan bersama-nya? Mboh kegiatane opo ae!

0 komentar: